Kista Ginjal

Kista ginjal
Kista ginjal adalah kantung cairan yang terbentuk di ginjal. Mereka biasanya ditandai sebagai kista “sederhana”, yang berarti mereka memiliki dinding tipis dan mengandung cairan seperti air. Kista ginjal cukup umum pada orang tua dan biasanya tidak menimbulkan gejala atau bahaya.

Kista Ginjal

Karena jarang menimbulkan gejala, kista ginjal paling sering ditemukan saat tes pencitraan dilakukan karena alasan lain. Beberapa kista ginjal mungkin tampak lebih kompleks dan memiliki dinding yang lebih tebal atau mengandung bahan padat daripada cairan. Dokter Anda kemungkinan akan melakukan tes pencitraan tambahan untuk memantau kista ginjal kompleks dan membedakan kista jinak dari kanker. Tes ini bisa meliputi ultrasound abdominal atau pelvis, CT abdomen dan pelvis, atau body MRI. Kista ginjal biasanya ditinggalkan sendiri dan tidak memerlukan perawatan kecuali jika menyebabkan gejala atau membahayakan fungsi ginjal. Jika perawatan diperlukan, dokter Anda mungkin menggunakan skleroterapi atau operasi untuk menguras kista dan mengambil langkah untuk mencegah kekambuhannya.

Apa itu kista ginjal?
Kista ginjal adalah kantung cairan yang terbentuk di ginjal. Sebagian besar waktu, mereka adalah kista ginjal sederhana, yang berarti mereka memiliki dinding tipis dan hanya cairan seperti air di dalamnya. Mereka cukup umum pada orang tua dan biasanya tidak menimbulkan gejala atau bahaya.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kista ginjal mungkin memerlukan perawatan karena infeksi, pendarahan, atau pembesaran. Bila komplikasi kista ginjal semacam itu terjadi, gejalanya bisa meliputi:

  • Demam
  • Nyeri atau nyeri di antara tulang rusuk dan panggul
  • Nyeri perut bagian atas
  • Perubahan kebiasaan buang air kecil
  • Darah dalam urin (Hematuria)

Penyebab kista ginjal tidak diketahui, meski usia merupakan faktor risiko utama. Diperkirakan sepertiga orang yang berusia lebih tua dari usia 70 memiliki setidaknya satu kista ginjal sederhana. Bisa jadi normal memiliki lebih dari satu kista sederhana di setiap ginjal, terutama dengan bertambahnya usia.

Memiliki beberapa kista ginjal sederhana berbeda dengan memiliki banyak kista di ginjal karena penyakit ginjal polikistik (PKD). PKD merupakan kelainan genetik yang ditandai dengan kelompok kista yang dapat mengganggu fungsi ginjal.

Bagaimana kista ginjal didiagnosis dan dievaluasi?
Karena jarang menimbulkan gejala, kista ginjal paling banyak ditemukan saat tes pencitraan dilakukan karena alasan lain. Dalam kasus seperti itu tanpa gejala apapun, kista ginjal sederhana biasanya ditinggalkan sendiri dan tidak memerlukan tes lebih lanjut. Namun, beberapa kista ginjal terlihat lebih kompleks daripada kista ginjal sederhana biasa. Kista ginjal kompleks ini bisa memiliki dinding yang lebih tebal, atau bahan padat di dalamnya, bukan hanya cairan. Setelah kista ginjal kompleks ditemukan, tes pencitraan tambahan dapat dilakukan untuk memantau dan membedakan kista jinak dari kanker.

Bagaimana kista ginjal dirawat?
Kista ginjal umumnya tidak memerlukan pengobatan kecuali jika menyebabkan gejala atau membahayakan fungsi ginjal. Pilihan pengobatan meliputi:

Sclerotherapy: Juga dikenal sebagai ablasi alkohol perkutan, skleroterapi melibatkan penyisipan jarum panjang melalui kulit dan masuk ke kista di bawah bimbingan ultrasound. Dokter akan menguras kista dan mengisinya dengan larutan berbasis alkohol yang menyebabkan jaringan mengeras dan mengecil, mengurangi kemungkinan kambuh. Prosedur ini biasanya dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal.

Pembedahan: Untuk kista yang lebih besar, ahli bedah akan membuat sayatan kecil dan mengakses kista dengan laparoskop. Dokter bedah kemudian akan menguras kista dan membakar atau memotong lapisan luarnya. Operasi laparoskopi memerlukan anestesi umum.

Kista Ginjal

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s