Tumor Jinak di Otak

Apa itu tumor otak jinak?
Tumor otak jinak biasanya didefinisikan sebagai kelompok sel serupa yang tidak mengikuti pembelahan sel normal dan pola pertumbuhan dan berkembang menjadi massa sel yang secara mikroskopis tidak memiliki ciri khas suatu kanker. Tumor otak paling jinak ditemukan oleh scan otak CT atau MRI. Tumor ini biasanya tumbuh perlahan, tidak menyerang jaringan sekitarnya atau menyebar ke organ lain, dan seringkali memiliki batas atau tepi yang bisa dilihat pada CT scan. Tumor ini jarang berkembang menjadi tumor metastatik (kanker atau penyebaran). Kebanyakan tumor otak jinak bisa diangkat; Tumor jinak biasanya tidak terulang kembali setelah dipecat. Penyebab pasti tumor otak jinak tidak diketahui, namun penyidik ​​menyarankan bahwa riwayat keluarga, paparan radiasi, atau paparan bahan kimia (misalnya vinil klorida, formaldehid) dapat menjadi faktor risiko.

Tumor otak jinak, bagaimanapun, dapat mengancam nyawa karena mereka dapat memampatkan jaringan otak dan struktur lainnya di dalam tengkorak, sehingga istilah “jinak” bisa menyesatkan. Terminologi diperumit oleh beberapa peneliti yang mengklasifikasikan tumor kanker tingkat rendah sebagai “jinak” atau “relatif jinak.” Apapun, kompresi jaringan otak atau struktur tambahannya (misalnya saraf, ventrikel) oleh massa tumor adalah penyebab utama gejala yang terlihat pada tumor jinak (dan ganas).

Apa saja gejala tumor otak jinak?
Gejala (tanda-tanda) tumor otak jinak seringkali tidak spesifik. Berikut ini adalah daftar gejala yang, sendiri atau gabungan, bisa disebabkan oleh tumor otak jinak; Sayangnya, gejala ini bisa terjadi pada banyak penyakit lainnya:

  • masalah penglihatan
  • masalah pendengaran
  • masalah keseimbangan
  • perubahan kemampuan mental (misalnya konsentrasi, ingatan, ucapan)
  • kejang, otot menyentak
  • Perubahan indera penciuman
  • mual / muntah
  • kelumpuhan wajah
  • sakit kepala
  • mati rasa di ekstremitas

Jenis tumor otak jinak yang paling umum
Mayoritas tumor otak jinak muncul dari otak atau jaringan yang berhubungan dengan otak (misalnya jaringan saraf, pembuluh darah). Berikut ini adalah daftar tumor otak jinak yang paling sering didiagnosis:

meningioma – tumor yang timbul dari selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang; Ini menyumbang sekitar 20% tumor otak
schwannoma (juga disebut neuroma akustik) – tumor di saraf kranial ke-8 yang timbul dari sel Schwann (sel isolasi dari sistem saraf); Ini menyumbang sekitar 9% dari semua tumor otak
adenoma pituitary – tumor kelenjar pituitari; ini menyumbang sekitar 8% dari tumor otak
hemangioblastomasa – massa jaringan vaskular, kadang kistik; ini menyumbang sekitar 2% dari tumor otak
craniopharyngioma – tumor kistik dari sel sisa kantong Rathke (nasofaring), biasanya terjadi pada anak-anak; Ini menyumbang sekitar 1% -3% tumor otak
Jaringan plexus choroid plexus papilloma-choroid plexus (jaringan yang bertanggung jawab untuk produksi cairan serebrospinal atau CSF) yang menghambat aliran cairan serebrospinal, biasanya pada anak-anak; ini menyumbang kurang dari 1% tumor otak
Struktur lain seperti kista epidermoid dan dermoid (kista yang timbul dari sel epitel, atau lapisan sel organ tubuh dan rongga) dianggap tumor jinak oleh banyak dokter karena mereka dapat menggunakan efek massa (tekanan) pada jaringan otak yang serupa dengan aktual. tumor otak Ini adalah “tumor” langka.

Apa pengobatan tumor otak jinak?
Pengobatan tumor otak jinak mirip dengan perawatan tumor otak lainnya kecuali bahwa kemoterapi jarang dilakukan. Protokol pengobatan didasarkan pada usia pasien, lokasi dan ukuran tumor, dan kondisi pasien secara keseluruhan. Operasi otak (craniotomy) dengan operasi pengangkatan tumor dan / atau terapi radiasi (misalnya, radiasi konvensional, pisau gamma, sinar proton) adalah perawatan utama. Seringkali obat lain seperti kortikosteroid yang mengurangi edema (bengkak) dan membantu penyembuhan otak adalah bagian dari rencana perawatan. Jarang tumor jinak tidak bisa diobati.

Kelangsungan hidup pada anak-anak untuk semua tumor otak adalah sekitar 70%; Efek samping jangka panjang (misalnya, masalah penglihatan, masalah bicara, penurunan kekuatan) sering terjadi. Untuk orang dewasa, kelangsungan hidup lima tahun berhubungan dengan kelompok usia, dengan usia muda (20-44) bertahan sekitar 50%. Tingkat kelangsungan hidup terus menurun seiring bertambahnya usia sehingga pasien berusia lanjut (> 65) memiliki tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih rendah sekitar 5%. Kelangsungan hidup untuk pasien dengan tumor jinak biasanya jauh lebih baik untuk semua kelompok usia, namun data yang dapat dipercaya jarang terjadi.

Sumber informasi terbaik tentang tumor jinak Anda adalah tim dokter perawatan Anda yang biasanya terdiri dari dokter perawatan primer, ahli bedah saraf, ahli saraf, ahli radiologi dan jarang, ahli onkologi (spesialis dalam pengobatan kanker, jika tumor dipertimbangkan “relatif” jinak).

baca juga :
cara mengobati gondok
obat herbal kista
agen qnc jelly gamat

Tumor Jinak di Otak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s