Kolitis pada Anjing

Apa itu kolitis?

Kolitis hanya mengacu pada radang usus besar atau usus besar. Kolitis paling sering digunakan untuk menggambarkan diare atau tinja longgar yang berhubungan dengan usus besar. Diare usus besar juga digunakan secara sinonim dengan kolitis.

Apa tanda klinis kolitis?

colitis-1.jpgSebagian besar pemilik anjing melaporkan melihat seringnya, volume kecil dari kotoran yang terbentuk setengah jadi ke cairan. Banyak anjing akan menunjukkan ketegangan selama dan setelah buang air besar, dan sejumlah kecil darah merah terang sering dilewati menjelang akhir buang air besar. Lendir atau lemak terlihat pada banyak kasus kolitis kronis. Kebanyakan anjing dengan kolitis akan menunjukkan rasa urgensi dan kebutuhan untuk buang air besar sering. Muntah terjadi pada kurang dari sepertiga kasus kolitis atau diare usus besar. Berat badan jarang terjadi. baca juga : cara mengobati radang usus

Apa yang menyebabkan kolitis?

Penyebab kolitis meliputi infeksi stres (termasuk Salmonella, Clostridium, dan E. coli), dan parasit (termasuk, Giardia, Cryptosporidium, dan cacing cambuk), trauma, kolitis alergi, dan penyakit usus inflamasi utama (lymphoplasmacytic, eosinophilic, granulomatous, dan tipe histiocytic). Kolitis juga dapat terjadi setelah menelan makanan yang terkontaminasi, berhubungan dengan anjing yang terinfeksi, atau setelah paparan kronis terhadap lingkungan basah. Stress colitis adalah salah satu penyebab utama diare usus besar pada semua anjing.

Apapun penyebabnya, peradangan di usus besar mengakibatkan penyerapan air berkurang dan penurunan kemampuan untuk menyimpan kotoran di usus besar. Hal ini menyebabkan gejala klasik dari jumlah diare yang sering, seringkali dengan lendir atau darah.

Bagaimana kolitis didiagnosis?

Diagnosis kolitis didasarkan pada tanda dan riwayat klinis hewan peliharaan Anda, evaluasi mikroskopis terhadap tinja, pemeriksaan rektum, sitologi, dan tes darah. Pengujian tambahan seperti radiografi untuk memeriksa usus besar dan usus, kolonoskopi dan biopsi usus besar, kultur tinja, enema barium, atau evaluasi ultrasound pada perut mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Tes ini penting untuk menyingkirkan kondisi seperti tumor kolon atau polip, sindrom iritasi usus besar, inversi cecal, dan intususepsi ileocecocolic (kondisi langka di mana teleskop intestine ‘atau dilipat ke dalam dirinya sendiri).

Bagaimana kolitis diobati?

Penyebab spesifik kolitis akan menentukan pengobatan yang tepat. Perlakuan tidak spesifik mencakup puasa selama 24 sampai 48 jam, memberi makan makanan residu rendah atau hypoallergenic, meningkatkan kandungan serat makanan, dan menambahkan serat yang dapat difermentasi seperti psyllium, bit bit, atau fructooligosaccharides (FOS) ke makanan. Beberapa anjing dengan kolitis akan lebih baik pada diet rendah serat. Obat antimikroba dapat ditunjukkan, tergantung pada diagnosis anjing Anda. Obat anti-inflamasi atau imunosupresif dapat digunakan pada kasus radang kolitis inflamasi atau imun. Obat yang memodifikasi motilitas usus besar juga bisa memberikan kelegaan simtomatik.

Apa prognosisnya jika anjing saya menderita kolitis?

Bagi kebanyakan anjing yang didiagnosis dengan kolitis, prognosisnya sangat baik untuk pemulihan yang cepat. Stres kolitis adalah salah satu penyebab utama kolitis pada anjing. Pengobatan dengan perubahan sederhana dalam diet dan pengobatan untuk mengatasi peradangan atau infeksi di usus besar adalah semua yang dibutuhkan untuk kebanyakan anjing. Mayoritas anjing mengalami stres kolitis kembali normal dalam tiga sampai lima hari. Kasus kronis, parah, atau berulang harus dilakukan tes diagnostik lebih lanjut untuk menentukan penyebab pasti dan penanganan yang benar. Bagi banyak anjing dengan kolitis kronis, kontrol diet ketat dan obat-obatan yang digunakan secara bijaksana menjaga kondisi terkendali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s